Cara Membuat Soal AKM (Membangun Soal Numerasi)

 Tahun 2021 Ujian Nasional akan digantikan dengan Asesmen Nasional yang terdiri dari : Literasi, Numerasi , Karakter dan Survey Lingkungan. Banyak hal baru dari Asesmen ini salah satu nya adalah bentuk kompetensi Ujiannya yang harus HOTS


Pada kesempatan kali ini penulis akan sedikit berbagi tentang bagaimana membuat soal AKM , atau membuat soal numerasi yang diawali dengan stimulus yang LOTS dan pada akhirnya soal itu memuat kompetensi HOTS.

Ini adalah numerasi untuk anak sekolah dasar atau SD, namun pada hakikatnya hampir sama dengan tingkatan yang lainnya, hanya stimulus yang biasa namun kita bangun menjadi soal HOTS, sehingga untuk mencari solusinya butuh penalaran.

Dimulai dari soal yang begitu mudah 

100 + 20 = .....

dari stimulus 100 + 20 = ..., udah pasto soal ini adalah LOTS, maka tugas tenaga pendidik lah yang mengubah soal ini agar menambah nilai kompetensinya , seperti contoh berikut ini :

Di Desa Suka Makmur, Pak Tarno sebagai petani baru saja panen buah-buahan. Pak Tarno baru saja panen buah jeruk 100 buah , setelah dua hari berikutnya Pak Tarno juga panen buah apel sebanyak 20 buah. Berapa banyak buah yang dipanen Pak Tarno 

Sudah kelihatan soalnya sama, namun ada cerita sebagai pengantar soal 100 + 20 tersebut , namun masih dalam ranah LOTS, karena siswa atau peserta didik hanya menjumlahkan hasil panen satu dengan hasil panen lainnya. Kemudian dari soal cerita di atas kita dapat membuat soal berikutnya yang lebih tinggi tingkat kompetensinya dan sudah masuk ke ranah kompetensi HOTS, contoh soal di bawah ini :

Saat Pak Tarno cerita tentang panen buah kepada anaknya Yuni, maka Yuni langsung mengambil kalkulator dan menghitung jumlah buah panen ayahnya, untuk memencet angka kalkulator yaitu 100 + 20, namun yuni salah memencet tombol, seharusnya 100 menjadi 110. Apa yang harus dilakukan Yuni untuk mendapatkan hasil yang seharusnya tanpa mengulangi perhitungan

Nah, pada soal di atas, sudah memenuhi kompetensi HOTS, peserta didik diajak untuk memcahkan masalah yang sedang dialami Yuni, peserta didik diajak untuk mampu mengemukakan pendapatnya, dan jawaban dari pertanyaan ini banyak , bukan hanya satu , bisa dengan 110-10+20, bisa dengan 110+10, sehingga hasil yang di dapat sama yaitu 120.

Kemudian soal selanjutnya kita lebih meningkatkan kompetensi soal, dari soal sebelumnya, untuk tahu lebih lengkapnya silahkan lihat video di bawah ini :
Oke itu dia cara membangun soal AKM dengan awal kompetensi LOTS sampai dengan soal HOTS,
terima kasih 


Previous
Next Post »



4 komentar

  1. Terima kasih atas informasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas semoga bermanfaat apa yang kami lakukan

      Hapus
  2. Maaf, masa iya penggunaan kalkulator jadi soal hots.Memggunakan kalkulator bukan soal pemahaman tapi pengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan penggunaan kalkulatornya pak/buk , tapi lebih cara berpikir peserta didik untuk memberi solusi dari masalah yg ada, kalkulator hanya sebagai stimulus saja pak/buk

      Hapus