Pada tahun pelajaran 2017 -2018 namanya diganti dengan Simulasi dan Komunikasi Digital, setelah kurang lebih bertahan dengan nama mata pelajaran Simulasi Digital, . Berikut ini KI-KD Mata Pelajaran SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Kurikulum 2013 revisi 2017 untuk Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan.
KI-KD mata pelajajaran Simulasi Komunikasi Digital ini diambil dari lampiran keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 330/D.D5/KEP/KR/2017 TANGGAL : 09 Juni 2017 tentang KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR atau lebih dikenal KI/KD Mata Pelajaran.
Lampiran KI/KD tersebut memuat :
1. Muatan Nasional (A),
2. Muatan Kewilayahan (B),
3. Dasar Bidang Keahlian (C1),
4. Dasar Program Keahlian (C2), dan
5. Kompetensi Keahlian (C3)
Untuk mata pelajaran simulasi komunikasi digital ini yaitu mapel yang termuat pada Dasar Bidang keahlian atau (C1)
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer | 4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command) |
3.2 Menerapkan metode peta- minda | 4.2 Membuat peta-minda |
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif | 4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata |
3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan data | 4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka |
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide | 4.5 Membuat slide untuk presentasi |
3.6 Menerapkan teknik presentasi yang efektif | 4.6 Melakukan presentasi yang efektif |
3.7 Menganalisis pembuatan e- book | 4.7 Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor |
3.8 Memahami Kewargaan Digital | 4.8 Melakukan klasifikasi Kewargaan Digital |
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search Engine | 4.9 Melakukan penelusuran informasi |
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan | 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan |
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring | 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya) |
3.12 Mengevaluasi dokumen tahap pra-produksi | 4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi |
3.13 Menganalisis video, animasi dan/atau musik digital | 4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital |
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital | 4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi |
Demikianlah KI-KD untuk Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi digital, semoga bermanfaat.
0 Komentar